DOSEN FAKULTAS KEPERAWATAN UNSYIAH MENGADAKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TENTANG PENYULUHAN KESEHATAN PADA PENDERITA HIPERTENSI DAN DIABETES MELLITUS DI GAMPONG BLANG KRUENG

Blangkrueng.desa |Kamis 6 Februari 2020 tepatnya di Gampong Blang Krueng, dosen Fakultas Keperawatan Unsyiah melakukan pengabdian masyarakat yang di ketuai oleh Ns. Cut Husna, MNS dan dan 2 orang dosen sebagai fasilitator Ns. Ahyana, MNS dan Ns. Anda Kamal, MNS serta dibantu oleh 3 orang mahasiswa pada kegiatan penyuluhan kesehatan pada penderita hipertensi dan diabetes mellitus. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh moderator dan pak keuchiek Gampong Blang Krueng ikut andil dalam kegiatan tersebut. 22 orang warga Gampong Blang Krueng sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

     

Penyuluhan kesehatan yang disampaikan oleh pemateri membuat warga Gampong Blang Krueng sangat semangat untuk menyimak dan mendengarkan semua informasi yang disampaikan karena yang disampaikan sangat tepat dan sesuai dengan kondisi yang dialami oleh warga terutama penderita Hipertensi dan diabetes mellitus. Disela-sela penyajian materi, malah ada warga yang sangat antusisa ingin bertanya dan menyampaikan keluhannya selama dia menjalani pengobatan dengan Hipertensi dan Diabetes Mellitus. Ada warga yang memiliki riwayat Hipertensi dan Diabetes Mellitus 5 sampai dengan 10 tahun. Bahkan ada yang sudah mengalami komplikasi ke penyakit jantung, ginjal dan stoke.

     

Setelah penyajian materi selesai maka dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya jawab. Dan setelah itu juga dilanjutkan dengan pengukuran tekanan darah sebagai salah satu cara pengontrolan Hipertensi. Warga yang masih ingin bertanya secara individu dari informasi yang disampaikan sebelumnya juga melanjutkan kegiatan diskusi yang difasilitasi oleh pemateri dan fasilitator. Sehingga kebingungan yang dialami oleh warga Gampong Blang krueng selama ini terutama penderita Hipertensi dan Diabetes Mellitus dalam menjaga dan mengelola penyakitnya dapat lebih dipahami.
Harapan dari masyarakat Blang Krueng sendiri adalah adanya tindak lanjut terhadap kegiatan pengabdian masyarakat ini, mereka sangat mengharapkan pendidikan kesehatan ini dapat diberikan berkelanjutan karena kegiatan ini sangat bermanfaat dirasakan oleh masyarakat Blang Krueng.

 

Penulis: Ahyana

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan