Bank Sampah Gampong Blang Krueng

BLANGKRUENG.DESA.ID – Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Unit Bank Sampah KUB. Pesat Gampong Blang Krueng, hadir di tengah-tengah masyarakat Blang Krueng (salah satu desa di sekitar kampus UIN Ar Raniry dan Unsyiah). Kehadirannya untuk  menjawab persoalan sampah yang muncul di masyarakat, lewat sebuah pemikiran dan pengabdian bersama yang sustinable dari Pahlawan-Pahlawan Kebersihan Lingkungan yang terus terjalin dan terbina yaitu: Ibu Rama Herawati, MP (Aktivis Lingkungan dan juga Dosen Fakultas Pertanian Unsyiah), Teuku Badlisyah, M.Pd (Dosen Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar Raniry sekaligus Sekretaris Gampong Blang Krueng) dan BUMG Blang Krueng.

Wawancara salah satu Anggota Dewan DPRK Aceh Besar, Bapak Usman AR dengan Pengelola Bank Sampah Blang Krueng Ibu Rama Herawati.

Wawancara salah satu Anggota Dewan DPRK Aceh Besar, Bapak Usman AR dengan Pengelola Bank Sampah Blang Krueng Ibu Rama Herawati.

Setelah adanya (BUMG) Unit Bank Sampah ini, persoalan sampah di Desa Blang Krueng, perlahan-lahan dapat diselesaikan bahkan aktifitasnya kini merambah ke desa-desa lain yang ada disekitar dua kampus Jantong Hate Rakyat Aceh ini. Hasil pengabdian ini juga ikut mengantarkan Desa Blang Krueng sebagai desa binaan menjadi Juara 1 Desa Terbaik Aceh Tahun 2016. Dan yang tidak kalah pentingnya di tangan orang-orang yang kreatif, sampah yag sebelumnya menjijikkan, ternyata dapat diolah menjadi “permata” (kiasan: sesuatu yang berharga). Permata itu adalah pupuk cair dan pupuk kompos yang merupakan produk yang didapat dari pengolahan sampah organik.

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan